in

Ustaz Maaher Ditangkap di Bogor Dini Hari, Disaksikan Istri

Ustaz Maaher Ditangkap di Bogor Dini Hari, Disaksikan Istri

Bareskrim Polri menangkap Ustaz Maaher At Thuwalibi karena diduga menghina Habib Luthfi Pekalongan. Maaher ditangkap di Kota Bogor, Jawa Barat pada Kamis (3/12) dini hari.

Dari informasi yang dihimpun kumparan, Maaher ditangkap sekitar pukul 04.00 WIB di Kel. Kedung Badak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Penangkapan tersebut dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono.

“Benar,” kata Argo kepada kumparan.

Pengacara Ustaz Mahaer, Djudju Purwantoro mengatakan, kliennya ditangkap sekitar jelang subuh. Sejumlah barang bukti juga dibawa bersama dengan Ustaz Maaher.

“Tadi pagi sekira jam 04.00 WIB, disaksikan oleh istrinya, langsung dijemput ke rumahnya oleh tim dari Bareskrim Polri, juga dibawa beberapa barang sebagai bukti, beberapa HP, Tab,” kata Djudju saat dikonfirmasi kumparan, Kamis (3/12).

Baca juga: Gatot Nurmantyo: Kalau Memang Negara Adil dan Beradab Semua yang Kumpulan Diperiksa

Ustad Maaher ditangkap diduga karena menghina Habib Luthfi Pekalongan. Ia dijerat Pasal Pasal 45A ayat (2) Undang-undang nomor 19 tahun 2016. Berikut bunyi pasal tersebut:

Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Seperti diketahui, Ustad Maaher At Thuwalibi dilaporkan seorang warga bernama Muannas Aladid ke Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Ia dilaporkan karena diduga menghina Habib Luthfi Pekalongan.

Laporan terhadap Ustad Maher diterima SPKT Bareskrim Polri dengan nomor STTL/392/XI/2020/Bareskrim Polri. Ustad Maher dijerat Pasal 27 ayat 3 Junto Pasal 45 ayat 3 Undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang dugaan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Sumber: Kumparan

Gatot Nurmantyo KAMI

Gatot Nurmantyo: Kalau Memang Negara Adil dan Beradab Semua yang Kumpulan Diperiksa

Ustaz Maaher Ditangkap di Bogor Dini Hari, Disaksikan Istri

Tersangka UU ITE, Ustaz Maaher Terancam 6 Tahun Penjara